Rabu, 15 Februari 2017

Cewek Jutek, Cewek Judes, Cewek Cuek, atau Cewek Muka Datarrr ...???





“ jangan jutek – jutek napa “

“ masih pagi nih, udah cemberut aja “

“ senyum dikit, kek! “

“ santai dong mukanya! “

Empat kalimat itu pasti sering banget didenger sama orang – orang yang jutek. Di mana mukanya jarang senyum dan lebih sering masang tampang datar. Yang kalo diliat – liat, anjir.. berasa adu pandang sama Valak.

Gue sendiri, termasuk orang yang dikatakan – orang – orang sih yang bilang – bermuka jutek. Bukan Cuma muka aja yang jutek, tapi sifat gue juga dikatakan cenderung judes dan ketus.

Waktu mau kenaikan kelas, wali kelas gue sengaja nyuruh kita buat nulis pesan dan kesan di selembar kertas buat masing-masing murid. Kertas punya gue terdapat beberapa pesan dan saran yang masih gue inget inti kalimatnya.

            “ banyakkin senyum! “

            “ jangan galak-galak “

            “ lebih berbaur sama teman – teman di sekitar, ya “

            “ jangan judes – judes dong “

Dan sebagainya.

Gue mau banget untuk mengklarifikasi kepada semua yang ngomong kayak gitu, bahwa sebenarnya gue enggak judes dan ketus. Oke, bakal gue ulang sekali lagi, GUE ENGGAK JUDES DAN KETUS.

Ini balik lagi ke kepribadian gue yang introvert, tapi bukan berarti semua introvert itu jutek.

Kadang, gue terlalu males buat memulai percakapan. Gue juga males kalo harus ngomong di depan sekumpulan orang. Dan gue juga terlalu malas buat sekedar berbasa – basi yang Cuma omong kosong sama orang – orang yang gak terlalu akrab sama gue. Karena itu, Cuma sedikit temen yang gue punya tapi mereka emang bener – bener akrab sama gue.

Hal ini bukan berarti gue sombong dan gak mau berinteraksi sama orang – orang lain di sekitar gue. Enggak gitu, sumpah dah, gue baik hati dan tidak sombong kok. Gue tetep berinteraksi sama orang – orang, terlebih kalo orang itu cukup normal untuk diajak ngobrol. Tapi, gue gak terlalu ngeladenin orang – orang yang gak jelas.

Contoh, orang yang baru kenalan tapi langsung minta nomer telpon buat modus. Gue juga males sama orang yang nge-pc malem – malem buat obrolan gak penting. Bayangin aja, ngobrol secara live buat hal remeh temeh aja kadang gue males, apalagi kalo diganggu pas gue ada kegiatan lain atau pas istirahat di rumah.

Tapi kalo temen – temen akrab yang heboh nge-chat sih seneng – seneng aja gue. Apalagi kalo gebetan yang nge-chat, wuih... semangat empat lima gue balesnya. Sayangnya, Harry Potter gak pernah nge-chat gue. Lebih tepatnya, Harry Potter gak punya ponsel!

Kadang gue kepikiran buat berubah. Bukan berubah kayak power ranger atau ultraman, tapi berubah jadi pribadi yang lebih baik lagi. Kayak jadi lebih ramah sama orang – orang, lebih banyak senyum, dan berusaha buat pura – pura peduli sama urusan orang lain.

Tapi hasilnya di luar ekspektasi dan bikin gue memantapkan hati buat berhenti berubah jadi lebih baik. Karena salah satu temen gue ngomong gini waktu gue senyum, “ eh, lo kenapa sih? Kok senyum – senyum mulu? Stress, ya, gara – gara kebanyakan tugas? Gue juga stress sih gara – gara tugas, tapi gak nyampe segitunya deh “.

Sialan banget.

Suatu hari, gue pernah iseng nanya ke salah satu temen yang udah akrab sama gue. Kira – kira begini percakapannya.

G              : “ eh, emangnya gue jutek, ya? “
T               : “ enggak ah, biasa aja “
G              : “ gue serius nih. Orang – orang bilang gue jutek. Jawab jujur pertanyaan gue! “
T               : ( memasang muka gelisah, mengerjapkan mata, hidung kembang kempis )
                    Iya sih. Lo emang agak jutek gitu...
G              : ( gak terima )
T               : kalo orang udah deket sama lo, pasti tau lo itu gak jutek. Tapi emang muka lo
                   datar gitu, makanya keliatan jutek

Temen gue yang itu juga pernah bilang, kalo muka jutek dan sifat judes gue bikin orang – orang agak segan buat deketin gue, termasuk cowok. Temen gue yang itu mencetuskan bahwa gue jomblo – single lebih tepat – karena cowok – cowok pada takut duluan sama gue. Meskipun mungkin omongan dia ada benernya, tapi gue menyangkal abis – abisan.

Menurut teori yang gue percayai, gue tidak memiliki pasangan karena memang belum waktunya. Gue Cuma belum bertemu orang yang tepat. Dan ketika gue bertemu orang yang tepat di waktu yang tepat, ya... belum tentu juga sih gue bakalan gak jomblo lagi. Mana tau orang yang tepat buat gue itu gak punya kata pacaran dalam kamusnya, tapi ta’aruf(?). Halah.

Emang sih, pernah ada satu cowok yang bilang ke temen gue, “ gue gak mau suka lagi sama dia, abisan dia jutek banget“. Tapi hal itu gak bikin kepercayaan gue terhadap teori yang gue anut memudar. Justru itu bikin gue semakin percaya, bahwa cowok itu bukan orang yang tepat. Hastag anjay seribu kali.

Dari seluruh paragraf berisi kalimat panjang lebar yang gue sampaikan di atas, gue cuma ingin menyampaikan sebuah pesan. Don’t judge book by it’s cover. Artinya, jangan buang sampah sembarangan.

Enggak. Gue bercanda, guys. Maafkan ke-receh-an gue ini.

Intinya, jangan pernah menilai seseorang dari luarnya aja. Karena lo gak pernah liat dalemnya (?). Karena lo gak pernah tau sifat seseorang itu yang sebenarnya seperti apa.

Mungkin, gue gak terlalu peduli sama urusan orang lain. Tapi, gue selalu berusaha jadi pendengar yang baik saat orang lain butuh cerita. Gue berusaha sebaik mungkin saat orang lain butuhin gue. Gue juga gak jutek dan menutup diri gitu, karena nyatanya gue masih punya temen yang bestie banget sama gue. Meskipun gak banyak - banyak amat, tapi lumayanlah ada lebih dari tujuh orang. Hehe.. he.

Boleh aja lo orang bilang ' jangan jutek - jutek dong ' ke temen lo orang yang mukanya datar melulu, kayak gue. Yang namanya komentar dan saran membangun itu baik, asal jangan komentar sambil ngeledek. Jatohnya malah bikin temen lo itu makin jutek mukanya.

Contoh kejadiannya kayak salah satu temen cowok yang sekelas sama gue. Dia pernah terlibat percakapan sama gue.

T               : “ eh! Kemarin gue ngeliat lo di stasiun!! “
G              : “ masa sih? “
T               : “ iya!! Kemarin lo pergi sama si itu, kan? “
G              : “ iya!!! kok lo tau sih??? “
T               : “ kan, udah gue bilang, kemarin gue liat lo di stasiun “
G              : “ kok lo gak manggil gue? “
T               : “ enggak. Abis muka lo jutek. Makanya, jangan jutek - jutek jadi orang "
G              : “ jutek gimana?? “
T               : “ Jutek gitu, cemberut lagi. Mana jalannya ngebut – ngebut. Kek gini nih “


Temen gue itu bangun dari duduknya lalu berusaha mengikuti cara berjalan gue versi yang dia lihat kemarin. Dia mondar – mandir dengan alis bertaut, hidung kembang kempis, bibir maju lima centimeter, dan kepalanya maju mundur kayak ayam. Enggak lupa, dia ketawa ngakak bermaksud ngetawain gue.

Emang, temen biadab.

Kalo kasusnya kayak gitu, gue jamin temen lo bakalan makin jutek jadinya. Sukur - sukur, lo gak digebok pake sepatu.

Jangan pernah mendiskriminasi kaum muka datar, guys. Percayalah, orang yang keliatan jutek karena mukanya datar itu baik. Sebab, jikalau orang jutek itu jahat, berarti gue jahat. Dan gue orang baik. Kalo gue orang jahat, seharusnya gue ada di penjara, bukannya ngetik ngarol ngidul terus nge-blog begini.

Oke. Maafkan ke-jayus-an gue ini.



1 komentar:

  1. How to Make a Bet on a Sports Betting Game - DRMCD
    Learn how 양산 출장샵 to bet on sports and how you 광양 출장마사지 can maximize the potential 문경 출장마사지 profit you get 여주 출장마사지 from playing at one of the most reputable 경상남도 출장마사지 and trusted online betting

    BalasHapus